Kamis, 08 September 2011

Be Grateful

    halo berjumpa lagi setelah beberapa hari berhenti untuk mengepost . selama beberapa hari itu saya berpikir ".. Apa yang ingin saya share di blog saya, yang menarik yang mungkin menginspirasi .."
dan akhirnya saya sudah menemukan apa yang ingin saya bagi disini , baiklah ini dia
     saya punya pengalaman tentang cidera . cidera itu sungguh menghambat saya untuk melakukan banyak aktivitas . tetapi saya tetap bersyukur dengan kondisi saya kali ini.
bagaimana saya bisa mendapatkan cidera ini?
baiklah saya akan flashback ke masa lalu
dulu saya mengikuti ekstra tapak suci ketika saya masih kelas 10 . karena saya dari dulu menyukai kesenian beladiri , itu sangat membantu saya untuk membela diri dan itu sangat menyenangkan.
   saya mengikuti ekstra tapak suci waktu itu bersama sahabat saya kevin,nova, dan seorang senior saya mbak yasmine. mereka sangat hebat dan mempunyai keunggulan masing-masing. yeah they're awesome.
singkat cerita, kemudian kami diikut sertakan sebuah pertandingan tapak suci koni cup. pertandingan itu kalau tidak salah untuk menyeleksi siapa yang berhak malangkah ke tingkat Daerah.
 dan yang diturunkan dalam pertandingan itu saya,nova,kevin,bajra, dan hafid,hani,dan azhar. mbak yasmine tidak diikut sertakan saya lupa alasanya .
dan kemudian kami rutin berlatih sparing partner,fisik,dll setiap hari sebelum pertandingan.
saya punya beberapa foto ketika sedang berlatih , ini dia :


                                           saya dan anandya , dia seperti tank
                                            saya dan nova sparing partner
                                            saya dan nova lagi
                       saya dan nova lagi. mukanya terlihat aneh waktu itu
                                                saya dan nova (lagi)
                                          ya saya dan nova lagi


   Hari pertandingan .. 


dan ketika hari pertandingan saya lupa siapa yang pertama mendapat giliran untuk bertanding di tim kami . pertandinganya cukup lama hingga menghabiskan waktu 2 hari . teman-teman sudah bertanding dan giliran saya bertanding di hari kedua .
  dari kiri hani, mr siapa saya lupa (maaf sir), azhar , dan mr. saya lupa lagi, mr. Yoga,Hafidz,saya,kevin,
                                          saya dan kevin
                  saya ,nova,bajra(yang sedang asik dgn rambutnya),kevin


                               azhar,hafid,nova,kevin,saya,bajra
             ini waktu sebelum kevin bertanding , sedang berlatih dibelakang gor


baiklah singkat cerita giliran saya tiba untuk bertanding dan mulailah saya masuk ke arena , awalnya saya gugup , tetapi ketika saya menyalami lawan saya , tanganya sangat berkeringat dan dingin dan saya sadar dia sangat gugup. dan saya mengambil keuntungan dari situ .
   dan mulailah saya bertanding. hingga babak pertama berakhir , saya lebih unggul (nova yg mengatakanya) . dan mulailah babak kedua. dan disinilah dimulai cerita itu ..
ketika lawan saya menangkap tendangan saya dan akan menjatuhkan saya , saya membalasnya dengan pukulan bertubi-tubi di dadanya . dan dia pun melepaskan saya .. dan saya sudah berhasil lepas dari peganganya itu ketika saya akan menurunkan kaki kanan saya yang berhasil lolos itu .. pijakan kaki saya saat kaki kanan saya menyentuh lantai salah dan akhirnya saya tergelincir dan terjatuh dengan keras . ketika jatuh itu saya tidak merasakan apa-apa sama sekali , tapi ketika saya hendak bangkit dan memulai pertandingan lagi, tiba-tiba saya langsung terjatuh dan tidak dapat berdiri lagi . lutut kaki kanan saya waktu itu benar-benar sakit dan saya sangat kesakitan . dan pelatih saya yang menemani saya di ujung arena langsung melemparkan handuk putih . (dilemparkanya handuk putih ditandakan bahwa pemain sudah tidak sanggup bertanding lagi).
pertandingan di hentikan dan kemenangan di berikan kepada lawan saya . saya merasa sangat frustasi waktu itu . saya sudah berlatih keras tetapi hal yang terjadi lain dari harapan.
   dan disinilah saya mendapatkan cidera saya , di ketahui dari sini otot ligamen(kalau tidak salah) saya yang ada dilutut saya sobek. dan ini menyebabkan lutut saya tidak bisa menjaga keseimbanganya dan tidak stabil.
karena cidera ini saya hanya bisa melakukan aktivitas tertentu saja.
untuk menyembuhkan cidera ini, saya harus operasi . mental saya belum siap untuk operasi.
dan kembali lagi ke masa sekarang , jadi begitulah cidera itu saya dapatkan.
dan sampai sekarang pun masih . setiap saya melihat teman-teman bermain basket di sekolah , saya hanya memperhatikan mereka . mereka terlihat gembira bermain basket. teman-teman sering mengajak saya untuk futsal dan bermain basket , tetapi saya menolaknya karena cidera ini saya tidak bisa melakukan hal-hal itu.
dan ketika 1 angkatan mengadakan futsal , saya pun hanya datang dan melihat dari luar lapangan futsal.


".. kenapa saya memilih untuk datang dan melihat saja??.."
   yang saya cari bukan futsalnya , tetapi bisa berkumpul bersama teman-teman itu sangat menyenangkan , tidak masalah saya tidak bisa ikut bermain . saya tetap bisa merasa senang dan bahagia bisa menghabiskan waktu bersama teman-teman.
dan saya sangat bersyukur dengan keadaan saya sekarang , kenapa?
saya melihat semua ini dari sisi positivenya , saya masih bisa berjalan bukan? masih bisa menikmati indahnya hidup ini . semua masih tetap terasa sama .... "menyenangkan" tak ada yang berubah. hanya saja saya terbatasi.
dan karena ini saya menjadi lebih bersyukur .
  bagaimana dengan kalian?
sudahkah kalian mensyukuri apa yang kalian miliki hari ini ?
saya sering mendengar ada yg mengeluh begini
"... gila capek tadi muter-muter lapangan , aku males disuruh muterin lapangan !! .."
".. aku males basket , mending maen kemana aja .."
".. aku males latian futsal .."
dan sebagainya . hai kawan itu semua terdengar sangat menyenangkan bagiku . kenapa kalian mengeluhkan hal itu?
ketika saya sudah operasi dan kondisi lutut saya pulih 100% , saya akan dengan senang hati melakukan semua itu ! itu sebuah hal yang sangat berkesan bagi saya . bersyukurlah kalian
dan saya juga bersyukur dengan keadaan saya . saya masih bisa berjalan dan menikmati semua ini . Thank you God


     Rasa bersyukur akan semua yang kamu miliki itu akan membuat hidupmu terasa lebih menyenangkan dan bahagia . trust me
kenapa terkadang orang merasa tidak bahagia walaupun mereka sudah mendapatkan apa yang mereka inginkan? kenapa ada orang yg selalu merasa hari-harinya suram?
ya. karena kurangnya rasa bersyukur dengan apa yang mereka miliki dan selalu mengejar hal-hal baru lainya tanpa ada rasa bersyukur dengan apa yang telah mereka peroleh sebelumnya. percayalah jika terus melakukan hal itu , tidak ada rasa bahagia dalam sebuah kehidupan.
   cobalah untuk menulis 10 hal yang kamu syukuri , dan 10 hal tentang apa yang selalu kamu keluhkan.
contohnya "aku bersyukur karena memiliki keluarga yang bahagia" / "aku malas berangkat sekolah!"
dan ketika selesai membuat daftar itu , bandingkan . mana yang lebih membuatmu bahagia?
rasa bersyukur bukan ?
buatlah daftar-daftar hal yang kamu syukuri . ini akan membawa energi positive ke pikiranmu. jika sebelumnya kamu selalu berfokus pada hal yang kamu keluhkan.hal yang tidak kamu miliki, mengeluhkan masalahmu. hentikan hal itu dan mulailah bersyukur dengan apa yang kamu miliki.


".... Bersyukur adalah jalan yang mutlak untuk mendatangkan lebih banyak kebaikan dalam hidup anda..."
                                                                                -Marci Shimoff




   "..Ketika Setiap pria mengetahui istri mereka menghargai hal-hal kecil yang mereka lakukan, apa tindakan mereka? mereka ingin melakukan hal itu lagi. ini semua soal penghargaan/syukur. penghargaan/bersyukur akan menarik segalanya . penghargaan menarik dukungan .."
Tuhan juga seperti itu , semakin kita bersyukur dengan apa yang kita miliki , Tuhan akan memberi lebih.
apapun yang kita pikirkan dan syukuri, kita akan mendapatkanya lagi .


dan sayapun bersyukur dengan keadaan saya sekarang ini . dengan saya bersyukur , itu lebih membuat saya merasa bahagia ketimbang mengeluhkan kondisi lutut saya ini.
  dengan adanya pengalaman dan cidera ini , saya jadi belajar untuk bersyukur dengan hidup saya . sejak cidera ini . saya baru sadar betapa indahnya pemandangan di sekitar saya ketika saya berjalan , baru saya sadari semua itu setelah saya mendapatkan cidera ini . semuanya terlihat begitu indah ketika saya berjalan dan menikmati semuanya .
walaupun dalam kondisi seperti ini saya masih bisa merasakan banyak kebahagiaan di sekeliling saya.
dan saya yakin sebentar lagi saya akan pulih 100% .
   Tuhan memberikan pengalaman ini untuk mengajarkan kepada saya bahwa saya harus bersyukur dengan semua hal yang saya miliki. kalau saja Tuhan tidak memberikan cidera ini , mungkin saya akan terus mengeluhkan semuanya tanpa ada rasa syukur sampai sekarang.
   berhentilah mengeluh dan syukuri semua yang kamu miliki . setelah bangun tidur di pagi hari katakan "terima kasih" karena kita sudah di berikan kesempatan untuk menikmati indahnya matahari pagi. itu akan membawa aura positive sebelum memulai hari-hari kita.
selamat mencoba !
 
saya merasa sangat bahagia dan bersyukur dengan diri saya sendiri , bagaimana denganmu?
sudahkah kamu bersyukur hari ini?






(note : maaf kalau post saya kali ini terlalu panjang & saya masih berusaha mensyukuri semua yg saya miliki)
-Your Friend . Ardan M. Pratito

2 komentar: